Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

Artikel

    1 year 11 months ago

    Prosiding Konferensi Ilmiah HEPI, 5-7 Juni 2015 di Makassar Sulawesi Selatan

    1 year 11 months ago

    Prosiding Konferensi Ilmiah HEPI di Bali, 18-20 September 2014

    1 year 11 months ago

    Prosiding Konferensi Ilmiah Nasional HEPI di Manado, 20-21 September 2013, bagian kedua.

    1 year 11 months ago

    Prosiding Konferensi Ilmiah Nasional HEPI di Manado, 20-21 September 2013. Bagian Pertama.

    4 years 9 months ago

    Sejak kemerdekaan Indonesia, kurikulum pendidikan dasar dan menengah sudah mengalami sepuluh kali perubahan. Perubahan kurikulum yang terakhir adalah pada tahun 2006 yang disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Implementasi KTSP masih belum optimal karena berbagai faktor, diantaranya adalah kompetensi guru dan sarana dan prasarana yang masih terbatas,  serta sistem penilain yang masih lemah.  Pergantian kurikulum yang silih berganti, ternyata belum mampu meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

    5 years 6 months ago

    Membaca berita di Kompas, Rabu (21 Maret 2012) dengan judul Wantimpres Dukung Evaluasi UN, penulis tergelitik untuk memberikan tanggapan dengan tujuan untuk menghilangkan kebingunan dan kesimpangsiuran berita seputar Putusan MA tentang UN. Barangkali masih banyak pihak yang belum tahu apa isi putusan MA tersebut. Karena ketidaktahuan inilah yang membuat masyarakat semakin resah, gelisah, dan marah kepada pemerintah. Oleh karena itu, penulis merasa perlu untuk memaparkan kembali Putusan MA tersebut.

    6 years 6 months ago

    Tidak ada model penilian yang sempurna. Satu jenis penilaian dengan jenis penilaian lainnya sifatnya saling melengkapi. Dalam melakukan  penilaian, perlu memperhatikan jenis penilaian yang digunakan dan kondisi peserta didik yang dinilai. Penilaian dan pembelajaran harus dipandang sebagai proses pendidikan yang kontinum/berkesinambungan. Waktu yang digunakan peserta didik untuk belajar jauh lebih lama dibandingkan waktu ketika mereka dinilai.

    6 years 6 months ago

    Salah satu wewenang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) adalah menyelenggarakan Ujian Nasional atau UN. UN SMA/MA dan SMK telah diselenggarakan mulai tanggal 18 sampai dengan tanggal 21 April 2011 dan UN SMP/MTs telah diselenggarakan mulai tanggal 25 sampai dengan tanggal 28 April 2011. Hasil UN akan diumumkan paling lambat tanggal 16 Mei 2011 untuk SMA/MA dan tanggal 28 Mei 2011 untuk SMP/MTs. Berdasarkan hasil UN dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan Nasional, tingkat kelulusan UN SMA/SMK tahun 2011 adalah 99,22 persen, naik 0.18 dari tahun tahun 2010 dengan tingkat kelulusan 99,04 persen. Tingkat kelulusan UN SMP/MTs 2011 adalah 99,43 persen dan pada tahun 2010 adalah 99,42 persen.