Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    ASMAZI ZAINUL TERIMA PENGHARGAAN HEPI Sumadi Suryabrata Lifetime Achievement Award

     

    Bahrul Hayat Ketua Umu Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) menyampaikan penghargaan Sumadi Suryabrata Lifetime Achievement Award kepada Asmazi Zainul anggota Dewan Penasehat HEPI dalam acara Kongres dan Konferensi Ilmiah Tahunan 2014 di Bali (18-20/9/2014). Tema konferensi tahun ini adalah “Asesmen untuk Pendidikan Berkualitas”, dengan pembicara  utama Prof Furqon Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

     

    “Mulai tahun 2014, HEPI memberikan penghargaan dalam rangka melanjutkan pengembangan ilmu evaluasi, asesmen, dan pengukuran pendidikan dan psikologi di Indonesia. Nama penghargaan tersebut adalah Sumadi Suryabrata Lifetime Achievement Award”, ungkap Bahrul Hayat seraya menambahkan tradisi pemberian penghargaan ini akan terus dilaksanakan setiap tahun.

     

    Adapun alasan penggunaan  nama Sumadi Suryabrata, tambah mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama tersebut, sebab, HEPI memandang Almarhum Prof. Dr. Sumadi Suryabrata  telah memberikan kontribusi yang besar dalam pengembangan dan penerapan ilmu evaluasi, asesmen, serta pengukuran pendidikan dan psikologi di Indonesia.

     

    Makna Filosofis dari SUMADI SURYABRATA Lifetime Achievement Award dengan simbol buku, pena, dan bola dunia  adalah sebagai berikut:

     

    Buku cermin pendidikan/ilmu pengetahuan sebagai penuntun atau cahaya dalam menempuh kehidupan, senantiasa mengalami evaluasi atau perbaikan melalui pena yang mampu menuliskan perubahan sejalan dengan perubahan sejalan dengan perputaran kehidupan (bentul elips/oval).

     

    Sementara itu, Agung Marhaeni Ketua Panitia Kongres dan Konferensi, mengatakan bahwa desain penghargaan tersebut dibuat oleh dosen seni rupa Universitas Pendidikan Ganesha Bali.

    “Desainer penghargaan ini dengan sengaja mendedikasikan karyanya kepada HEPI tanpa meminta imbalan apapun”, ucap Agung yang langsung mendapat aplaus dari seluruh peserta konferensi.