Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    BAHRUL HAYAT LANTIK PENGURUS HEPI SULAWESI SELATAN

    Bahrul Hayat Ketua Umum HEPI Meskipun hujan deras mengguyur wilayah Makassar sejak  malam hari hingga pagi hari,  pelantikan pengurus  Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Unit Koordinasi  Daerah (UKD) Sulawesi Selatan  periode 2011-2014 oleh Ketua Umum HEPI Bahrul Hayat, Ph.D pada hari Sabtu (17/12/2011)  berjalan dengan lancar dan sukses.    Pelantikan tersebut bertempat di auditorium Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM)  dan dihadiri oleh 250 orang. Turut hadir dari pengurus pusat adalah Jahja Umar, Ph.D anggota Dewan Penasehat HEPI, Bambang Suryadi, Suprananta, dan Lilis Windiarti. Selain itu hadir pula Rektor UNM, Rektor UIN Alauddin Makassar, mahasiswa pascasarjana dan undangan lainnya.

    Bahrul Hayat dalam sambutannya mengatakan bahwa Sulawesi Selatan memiliki sumber daya manusia yang kuat sehingga pengurus HEPI diharapkan dapat berkiprah  dalam pengembangan keilmuan dan pendidikan.  “Mereka yang menjadi pengurus HEPI ini karena penggilan hati nurani dan karena  kecintaan kepada keilmuan sehingga  mereka siap untuk bekerja keras di asosiasi keilmuan ini”,  ungkap Bahrul Hayat .

    Organisasi HEPI, lanjut Bahrul Hayat tidak memiliki manfaat selain untuk pengembangan ilmu dan pendidikan.  “Organisasi ini didirikan dengan satu tekad  untuk  mengembangkan ilmu dan pendidikan di Indonesia. Tidak ada misi lain dalam organisasi ini”, ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Agama tersebut seraya menambahkan pada saat orang lain sibuk pemilu atau pilkada, kita tidak sibuk dengan pemilu atau pilkada.  Artinya, organisasi ini murni bersifat profesional seperti oraganisasi serupa yang telah mapan. Maka memerlukan waktu dan pengorbanan dari seluruh pengurus.

    Pelantikan pengurus tersebut semula direncanakan pada tanggal 10 Desember 2011. Namun karena kesibukan dan jadwal Ketua Umum yang padat di Kementerian Agama, acara pelantikan ditunda  ke tanggal 17 Dcesember 2011.  Acara pelantikan ditandai dengan penyematan Pin HEPI  oleh Ketua Umum ke jas warna coklat seragam para pengurus.

    Bahrul Hayat juga berharap keberadaan  HEPI UKD Makassar dapat  memberikan mafat dalam meningkatkan  penilaian dan evaluasi pendidikan serta membawa kebaikan dalam meningkatkan pendidikan di tanah air.

    Rektor UNM Aris Munandar dalam sambutannya mengatakan satu  aspek penting dalam pengembangan pendidikan adalah penilaian pendidikan. “Pendidikan yang baik ditandai dengan sistem penilaian yang baik” ungkap rektor sambil menambahkan dengan adanya HEPI di Makassar diharapkan dapat memberikan jawaban terhadap permasalahan penilaian dalam sistem pendidikan nasional.

    Usai pelantikan dilanjutkan dengan seminar dengan tema Penilaian Pendidikan Berbasis Kelas dengan nara sumber Bahrul Hayat dan Burhanuddin Tola. Bahrul Hayat menyampaikan makalah tentang Authentic Assessment for Active and Creative Learning sedangkan Burhanuddin Tola memaparkan makalah dengan judul Classroom Based Assessment.

    Menurut Mansyur Ketua Panitia,  kegiatan pelantikan dan seminar ini terlaksana atas kerjasama antara Program Pascasarjana UNM, UIN Alauddin Makassar, Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan, dan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan.