Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    BAHRUL HAYAT LANTIK PENGURUS HEPI UKD BALI Persiapan Konferensi Ilmiah HEPI Agustus Mendatang

    Bahrul Hayat Ketua Umum Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) mengukuhkan Pengurus HEPI Unit Koordinasi Daerah (UKD) Bali Periode 2014-2017 di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali pada hari Sabtu, 17 Mei 2014.  Acara pengukuhan pengurus HEPI ini disatukan dengan acara  seminar nasional dengan tema “ HEPI dan masa depan evaluasi pendidikan di Indonesia”. Hadir dalam acara ini sekitar 250 peserta dari kalangan guru dan dosen di Provinsi Bali.

     

    Nyoman Dantes sebagai Pembina Pengurus HEPI UKD Bali dalam sambutannya mengatakan bahwa  pembentukan pengurus HEPI UKD Bali telah dirintis sejak tahun 2013 saat yang bersangkutan mengikuti konferensi ilmiah HEPI di Manado.

     

    “Pada saat konferensi ilmiah HEPI di Manado telah disepakati bahwa tempat konferensi ilmiah HEPI  tahun 2014 adalah di Bali. Namun untuk dapat menjadi penyelenggara konferensi ilmiah HEPI perlu dibentuk  kepengurusan HEPI UKD Bali terlebih dahulu”, ungkap Direktur Pascasarjana Undiksha tersebut.

     

    Jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pascasarjana Undiksha, tambah Dantes, telah meluluskan 574 alumni. Mereka inilah yang akan memperkuat dan mendukung pelaksanaan program HEPI UKD Bali pada masa mendatang.

     

    “Meskipun pengukuhan Pengurus HEPI UKD Bali agak terlambat, dengan sumber daya manusia yang ada ini, kami optimis bisa mengemban amanat dengan sebaik-baiknya”, ungkap mantan Rektor Undiksha tersebut dan langsung disambut dengan tepuk tangan hadirin.

     

    Sementara itu Bahrul Hayat Ketua Umum HEPI memberikan apresiasi dan terimakasih kepada para penggagas pembentukan pengurus HEPI UKH Bali, Rektor Undiksha,  Kepala LPMP Bali, dan seluruh panitia  yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini.

     

    Bahrul Hayat juga berpesan kepada para pengurus untuk memajukan organisasi profesi HEPI tanpa memihak kepada kepentingan tertentu.

     

    “Sebagai organisasi profesi HEPI adalah organisasi yang murni akademik, mandiri dan independen. HEPI bebas dari kepentingan berbagai pihak, termasuk kepentingan politik. Dalam HEPI  hanya ada satu kepentingan yaitu kepentingan memajukan  organisasi profesi”, ungkap  mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama tersebut.

     

    Dalam acara tersebut juga telah disepakati bahwa konferensi ilmiah  HEPI tahun ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga atau keempat bulan Agustus 2014.

     

    “Kepastian tanggal akan ditetapkan oleh pengurus harian HEPI UKD Bali dengan mempertimbangkan kegiatan dan hari libur keagamaan di Bali”, ungkap Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni Sekretaris HEPI UKD Bali.

     

    Tema yang diangkat, tambah Agung, adalah tentang Implementasi Kurikulum 2013 dan Sistem Penilaiannya. Acara ini direncanakan dibuka oleh Mohamamd Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.  Terkait dengan teknis pelaksanaannya nanti akan dikoordinasikan kembali oleh pengurus HEPI UKD Bali dan pengurus HEPI Pusat.

     

    Susunan Pengurus

     

    Ketua Umum HEPI UKD Bali adalah Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. didampingi oleh Prof. Dr. Wayan Maba, M. Pd.dan Drs. Ketut Dharma, M. Pd, masing-masing sebagai Ketua I dan II. Sedangkan sebagai Sekretaris adalah Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, M. A dan I Wayan Surata, S.Pd., M.Pd. Posisi Bendahara dipegang oleh Drs Wayan Susanta, M. Pd dan Dra. Ni Luh Putu Puji Astuti, M.Pd.

     

    Jajaran Dewan Penasehat  adalah Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. (Rektor Undiksha), Prof. Dr. Nyoman Dantes (Direktur  Program Pascasarjana Undiksha), TIA Kusuma Wardhani, SH., M.M. (Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali), dan Prof. Dr.  I Wayan Koyan, M.Pd.

     

    Divisi Penerbitan dan Publikasi dipegang oleh Ir. I Ketut Suarnaya, M.Pd. (Koordinator), I Wayan Eka Mahendra, S.Pd., M.Pd, dan Drs. Wayan Merta, M.Pd. Divisi Kerjasama Layanan dan Temu Ilmiah diamanatkan kepada Drs.  Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes  (Koordinator), I Gusti Ngurah Rai, S.Pd., dan Gusti Ngurah Eka Putra, S.Pd., M.Pd.

     

    Dr. Ida Ayu Gede Yadnyawati, M.Pd mengemban posisi sebagai Koordinator Divisi Penelitian dan Pengembangan, dengan tiga orang anggota yaitu Agus Soleh, S.Pd., M.Pd., I Wayan Suardana, S.Pd., M.Pd., dan Drs. I Wayan Jiwa, M.Pd.

     

    Sementara Koordinator Divisi Pengembangan Organisasi adalah Drs. Gusti Ngurah Puger, M.Pd. dengan dua orang anggota, yaitu Drs. I Gusti Ngurah Puja Armaya, M.M., M.Pd dan Ni Wayan Surasmini, S.Si., M.Pd.

     

    Divisi kelima adalah Divisi Pendidikan dan Pelatihan. Divisi ini dipegang oleh Drs. Dewa Darmawan, M.Pd. (Koordinator) dan  Dra. Desak Putu Parmiti, M.S. Sekretariat HEPI UKD Bali dipercayakan kepada Dr. Ni Ketut Widiartini, M.Pd.

     

    Selamat mengemban amanat dengan iringan doa semoga peran dan kiprah HEPI UKD Bali memberikan manfaat dalam peningkatan mutu pendidikan di Pulau Dewata ini. (BangS).