Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    SUMADI SURYABRATA: Pendidik Sejati Bekerja Sepenuh Hati

    Berbeda dengan konferensi-konferensi sebelumnya, Konferensi Ilmiah HEPI tahun 2014 di Kuta Bali (18-20/9/2014) dengan tema “Asesmen untuk Pendidikan Berkualitas”, memiliki ciri khas tersendiri. Pertama, konferensi diawali dengan workshop tentang Authentic Classroom Assessment dengan nara sumber Djemari Mardapi dan workshop tentang Item Response Theory dengan nara sumber Jahja Umar. Kedua, HEPI memberikan penghargaan dengan nama Sumadi Suryabrata Lifletime Achievement Award.

     

    “Mulai tahun ini, konferensi ilmiah HEPI ditandai dengan pemberian penghargaan sepanjang hayat atau Sumadi Suryabrata Lifletime Achievement Award kepada individu yang dianggap telah memberikan kontribusi yang besar dalam pengembangan dan penerapan ilmu evaluasi, asesmen, serta pengukuran pendidikan dan psikologi di Indonesia”, ungkap Bahrul Hayat.

     

    Mengapa nama Sumadi Suryabrata (almarhum)? Di mata Bahrul Hayat dan pengurus HEPI lainnya, Almarhum Sumadi Suryabrata merupakan  seorang pendidik, akademisi, dan peneliti yang sejati serta penulis buku yang sangat produktif.

     

    Dilahirkan pada tanggal  26 Juli 1930 di Boyolali Jawa Tengah. Menyelesaikan Sarjana Muda (BA) dalam bidang Pedagogik dan Sarjala Lengkap (Drs) dalam bidang Pendidikan dari  Universitas Gajah Mada. Pada tahun 1973, Almarhum memperoleh gelar Master of Art (MA) dalam bidang Psikologi dari Ball State University, Muncie Indiana. Setahun kemudian, Almarhum memperoleh gelar Eds, dalam bidang Psikometri dari universitas yang sama. Sedangkan gelar Doktor dalam bidang  Psikologi, Pengukuran dan Statistik diperolehnya dari University of Iowa pada tahun 1976.

     

    Sebagai seorang pendidik, akademisi, dan  peneliti sejati, Almarhum telah mengukir berbagai prestasi dalam bidang psikologi. Prestasi tertingginya adalah sebagai Guru Besar Fakultas Psikologi UGM dengan posisi sebagai Dekan Fakultas Psikologi dari tahun 1979-1981. Sebagai Guru Besar, Almarhum telah  membimbing 39 orang Doktor dalam menyusun disertasinya  sebagai sebagai promotor atau ko-promotor dan tentu saja lebih banyak lagi orang yang memperolah bimbingan langsung maupun tidak langsung dari Almarhum selama hidupnya.

     

    Sebagai akademisi dan peneliti sejati, Almarhum juga telah merancang dan selanjutnya mengembangkan  Tes Potensi Akademik (TPA) yang kemudian dipakai secara luas sebagai alat seleksi calon peserta didik program master dan doktor, baik di luar negeri maupun di dalam negeri, serta sebagai alat seleksi calon karyawan yang berpendidikan sarjana.  Sebagai seorang ilmuwan peneliti, Almarhum telah menghasilkan 34 karya ilmiah dalam bentuk bentuk buku dan jurnal yang diterbitkan di dalam dan luar negeri.

     

    Selain itu, Almarhum juga memiliki sedugang pengalaman di birokrasi dan pemerintahan. Sejarah telah mencatat, Almarhum merupakan founding father Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dari tahun 1981-1983. Almarhum diberi kepercayaan untuk  mengembangkan sistem, kelembagaan, dan sumberdaya manusia di bidang pengujian dan penilaian pendidikan nasional.

     

    Almarhum,  berpulang ke rahmatullah pada  tanggal 12 Desember 2004. Semoga Allah SWT menempatkan arwah Almarhum di tempat yang mulia di sisi-Nya. Amin.

     

     

    Kami, atas nama Pengurus dan Anggota HEPI, menyampaikan terimakasih kepada keluarga besar Almarhum yang telah memberikan izin untuk mengabadikan nama Almarhum sebagai penghargaan sepanjang hayat, yaitu Sumadi Suryabrata Lifetime Achievement Award.  

     

    Penghargaan yang diberikan ini, tentunya masih terlalu amat kecil dibandingkan jasa-jasa yang telah almarhum berikan.  Beliau yang telah merintis perjalanan kita dan semoga dari pemberian anugerah  ini akan menambah motivasi dan semangat untuk melanjutkan cita-cita Almarhum.