Enhancing Quality Education Through Quality Evaluation

User login

Pesan Ketua

HEPI merupakan sebuah organisasi profesi yang bergerak di bidang pen­di­dik­an yang memiliki azas profesionalisme dan keilmuan dalam bidang pengukuran dan evaluasi pendidikan. Organisasi ini bersifat independen yang anggo­tanya terdiri dari him­pun­an para ahli, praktisi, pengamat, dan peminat evaluasi pendidikan.

Selengkapnya

    UJIAN NASIONAL PROGRAM PAKET A/ULA, PAKET B/WUSTHA, PAKET C, DAN PAKET C KEJURUAN 2011

    Ujian Nasional Progam Paket (UNPP) periode I akan dilaksanakan dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 8 Juli  2011 untuk UN Program Paket C dan Program Paket C Kejuruan,  tanggal 12 sampai dengan 14 Juli  2011 untuk UN Program Paket A/Ula dan Program Paket B/Wustha.  Sedangkan untuk periode II, akan dilaksanakan dari tanggal 13 sampai dengan 16 September  2011 untuk UN Program Paket C dan Program Paket C Kejuruan,  dan tanggal 20 sampai dengan  22 September   2011 untuk UN Program Paket A/Ula dan Program Paket B/Wustha.

    UNPP tahun 2011 mengalami beberapa perubahan dan perbedaan dibanding tahun 2010. Menurut Jamaris Jamna anggota BSNP yang menjadi  koordinator penyelenggaraan UNPP, perbedaan pertama ada pada nama ujian itu sendiri.  “Dari segi nama, pada tahun 2010 disebut Ujian Nasional Program Kesetaraan (UNPK), sekarang disebut dengan Ujian Nasional Program Paket (UNPP)”, ungkap Jamaris seraya menambahkan perubahan ini karena dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak ada istilah Progam Kesetaraan, yang ada adalah pendidikan kesetaraan.

    Selanjutnya, tambah Jamaris, untuk peserta UNPP dari luar negeri, pendaftarannya dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pendataan peserta di luar negeri dan sebagai dasar penentuan anggaran.

    Perubahan yang lebih mendasar lagi adalah terkait dengan kelulusan peserta didik dalam UNPP yang ditentukan berdasarkan Nilai Akhir (NA).  NA diperoleh dari nilai gabungan antara nilai rata-rata  laporan hasil belajar (NRLHB)  pada satuan pendidikan nonformal kesetaraan dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai UNPP, dengan pembobotan 40% (empat puluh persen) untuk NRLHB  dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% (enam puluh persen) untuk Nilai UNPP.

    Peserta didik dinyatakan lulus UNPP  apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol). (BS)